Pages

02 February 2010

Makanan Nino

Tips lagi nih, sebagai ibu bekerja kita suka yang praktis2 aja buat nyiapin masakan anak, padahal diusia sekarang Nino udah mulai kenal bentuk, rasa dan tekstur makanan nya dia.. yg praktis kadang2 gak menarik, gak cantik and gak asik buat dia...

Siapin bumbu seminggu sekali (praktisnya) biasanya saya buat untuk bumbu sop yaitu: bawang putih, garam, merica, sedikit kemiri.. dalam jumlah agak banyak diulek n di tumis, simpan di wadah kedap udara, simpan di kulkas... di ambil sesendok tiap mau masak di takahi. sumpah dengan begini rasa sop jauh lebih sedap dari pada cara saya yg biasa (bawang putih cuma di iris, tambah merica bubuk, and garem gula, gak pake di tumis soalnya udah malem masaknya sambil ngantuk2)

daging, ikan, ayam tetep di kemas dalam jumlah sekali makan di plastik klip lock. simpan di freezer. klo mo bikin ikan yg kaya fish n chips itu, sebelum di bekukan di rendam jeruk nipis dulu, trus di bilas and di rendam dengan garam bawang putih n jahe, baru di bekuin.. nanti klo mau masak tinggal di thawing trus cemplungin ke telur, terigu, atau terigu aja... goreng.. rasanya udah manteb bgt!! bisa di temenin pake kentang goreng kasih keju atau mayonaise duh duh emaknya juga doyan ini.. saya pilih ikan kakap, tongkol, salmon atau tenggiri...

Masak kaldu dengan takahi dan set timer dinyalain dari jam 2-6 pagi (timernya beli di hypermart 40 ribu) jadi pas mau tidur cuma nyemplungin tulang iga sama wortel and kentang. pas pagi2 mau makan tinggal cemplungin daun bawang, bawang goreng, atau bayem juga enak yang penting ada sayuran ijo.

Tambahkan gula. buat pengganti vetsin, rasanya ngaruh bgt kombinasi garam n gula.. klo gak pake gula rasa asinnya hambar n lurus gitu.

Lho mana makanannya?? hehe ini sebagian hasil coba2 ngasal pengganti nasi saat sarapan , oya sekarang nino sarapannya nggak nasi, biar dia gak bosen seharian makan nasi.

yang penting selalu sedia telur hehe karena semuanya hampir pake telur.

makaroni baso
2 bh Baso (bikin sendiri, bekuin buat stok seminggu)
3 sdm makaroni elbow
30 gr keju chedar (pengganti garam)
1 sdm susu kental manis (pengganti gula)
se-ncrut merica
1 wortel sedang (parut pake parutan keju)
1 sdm daging cincang
2 kuntum brokoli
1 butir telur ayam
oregano (kalo ada)

caranya: campur semuanya ublek2 (makaroninya rebus dulu ya) kejunya di parut sisain separo, klo masih terlalu kental, tambah air sampe batas atas makaroninya, taburin keju parut. Panggang... (klo saya blom punya oven jadi masih pake cara dikukus aja, trus nanti baru di iris n digoreng) Nino doyan!! kalo dari ekspresi nya mungkin dapet 1 jempol.

steak jagung (gak sekeren namanya percaya deh)

1 jagung manis, parut
1 butir telur
3 kuntum brokoli
1 wortel parut pake parutan keju
2 sdm keju parut
garam seujung kuku
gula seujung kuku juga
2 tangkai bayam iris kasar
se-ncrut merica

caranya : bagian paling mudah, ublek2 semuanya goreng...

tumis daging

1 sdm daging cincang
1 wortel potong kotak
3 buncis iris pendek2
1/4 kentang rebus potong dadu
1/4 tomat kupas kulit buang biji potong kotak2
gula, garem merica se-ncrut

tumis semua bahan diatas sampai daging matang dan wortel layu
angkat, tambah kan telur ayam aduk-aduk (bisa di panggang bisa di goreng) tambahkan keju parut

nb:bahannya dari atas sampe bawah sama semua ya, soalnya cuma itu yg ada di kulkas.
tadi malem coba bikin baso keju walaupun sukses tapi gak sempurna bgt mungkin kurang telur ama sagu... nanti klo udah nyoba and dapet yg sip baru di upload lagi deh, tapi dari pada penasaran ini saya cantumin resep baso yg tak sempurna itu.

Tak ada baso yg tak retak (ada, punya saya tadi malam)

keju potong dadu
2 sdm daging sapi cincang
2 sdm daging ayam cincang (soalnya stok daging sapi udah menipis)
gula garam merica
2 siung bawang putih cincang
2 sdm tepung roti yg halus
1/4 butir telur (ini bagian yg salah, soalnya telurnya nyolong punya tumis daging, males mecahin telur lagi)

caranya: didihkan air, aduk rata adonan kecuali keju, bentuk bulatan isikan keju, cemplungin ke air mendidih nanti tau2 basonya pada ngampul2 gitu hehehe eh ngapung maksudnya...

resep basonya jgn ditiru dulu ya soalnya nanti saya bakal bikin yg lebih sip lagi wekekeke

No comments: