Pages

02 February 2010

Lagi Bersyukur dan bergembira

Beneran lagi banyak2nya ngucapin Alhamdulillah bgt karena udah seminggu ini Nino makannya kembali banyak, bisa 2 centong sekali makan... kira2 bisa 20 sendok teh munjung sekali makan....
Sempet ngalamin Nino yg klo mau disuapin selalu bilang "udah" sambil geleng2in kepalanya, ibu mana yang ga sedih coba udah di belain masak malem2 n subuh2 eh anaknya gak mau makan...

Saya terus mengevaluasi diri, kira2 apa yang salah dari makanan nya Nino, ternyata gak ada yg salah kok. Saat dia udah doyan makan gini juga makanannya sama kaya kemaren2... hmmmm mulai berpikir keras... berikut ini hasil evaluasi saya mengapa Nino jadi gak doyan makan:

Suasana, cari suasana yg bener2 nyaman buat dia untuk memulai makan, jangan pas lagi kepanasan, gerah, atau bosan... (ini bagian tersulitnya). Karena panas atau hujan biasanya Nino di rumah seharian, jadi sekarang minimal dia harus diajak liat dunia luar and main ama temen2nya diluar pagi and sore.

Bangun Tidur, jangan langsung dikasih susu (Nino kan udah hampir 16 bulan, susu udah bukan yang utama)

Cemilan, beri cemilan buah atau sayur, biasanya cemilan berupa biskuit bayi suka bikin dia kenyang n jadi lebih bny makan cemilan dari pada makanan pokok.

Nasi. Jangan selalu berpikiran anak harus makan nasi, bahwa dari kentang, jagung, roti pun dia sudah cukup mendapat kalori.

Gak Tega. suka takut dia kelaperan sehingga dia harus makan 3 kali sehari, padahal menurut seorang teman emang ada masanya anak gak doyan makan, dan anak yang sehat adalah anak yang ngerti rasa lapar, nanti klo dia lapar dia pasti mau makan (agak2 ekstrim nih harus agak tega kayanya)

Variasi, Coba deh buka2 di google resep2 buat makanan anak seusia anak kita, ternyata banyak lho yang belom kita cobain... dari segi bentuk n penampilan juga, anak seumur Nino udah bisa ngenalin makanan dari tampangnya jadi jgn samain lagi dia kaya bayi makan bubur yg semua bahan masuk and diublek2, coba pisahin nasinya sayurnya dan lauknya... jgn lupa wortel biar piring nya agak "berwarna" hehehe

Lagaknya posting kaya ibu2 yang pengalaman sejuta aja yah.. hahaha. tapi beneran ini bukan sok pinter, cuma nulisin sesuatu yg bener2 lagi dialamin Nino dan mungkin ada yg bernasib sama, semoga bisa membantu.

No comments: