Pages

21 April 2009

MPASI buat Nino

Udah hampir 3 minggu Nino mulai makan semi padat pendamping ASI nya, Alhamdulillah sejauh ini aman terkendali, dalam artian Nino doyan semua makanan yang udah mamanya buat dengan tangan sendiri, mungkin awalnya agak ribet karena saya berangkat kerja jam 5.30 pagi dan pulang udah jam 5.30 sore, tapi sekarang udah gak ribet lagi kok.

Yang udah di coba Nino 2 minggu ini:
- Tepung Beras Merah Wangi Gasol (Makanan pertamanya Nino)
- Tepung Pisang (gak begitu doyan)
- Puree Kentang
- Brokoli
- Wortel
- Jagung Manis
- Tahu
- Labu siam
- Kaldu Ayam
- Kaldu Daging

Cara Nyiapin biar gak ribet (hari sabtu or minggu ngerjainnya):
Untuk Puree (kentang, wortel, brokoli, Labu siam) semua dikukus dahulu trus di blender (semua jenis dipisah, tidak di campur) trus masukin ke ice cubes, tunggu sampai beku kurleb 6 jam cabut dari cetakan dan masukkan ke dalam plastik kedap udara, simpan di freezer (aman untuk stok 1-2 minggu)

untuk Kaldu Ayam : Pilih ayam kampung yang bagus, potong2, Rebus dengan air secukupnya, setelah agak lunak tiriskan ayam dari kuahnya, pisahkan daging dari tulang ayam, geprak tulang dengan ulekan (cuci dulu jgn sampe masih ada pedesnya) masukkan lagi tulang ke dalam air rebusan, rebus lagi sampai mendidih.. Saring, cetak di Ice cubes, setelah beku simpan dalam plastik di freezer.

untuk Kaldu Daging : kalo ada tulangnya perlakukan sama seperti Kaldu ayam, klo Gak ada tulangnya lebih gampang lagi deh..

penyajian :
ambil 1 cubes puree, and 1 cubes kaldu panas kan di microwave (kalo saya ndak punya jadi dimasukkan saja ke rice cooker pas lagi ngangetin nasi) atau bisa juga di rendam air panas (seperti ngangetin ASIP, tapi lammmmaaaaaa)
klo lagi pengen yg agak manis, kaldunya di ganti air putih biasa aja, trus pas udah mateng n agak dingin tuang ASIP...
fyi, bentuk makanan harus masih agak cair, klo udah kental seret, Nino jadi susah nelen, n jadi gak doyan.. tapi begitu ditambah air or ASI langsung habis licin deh mangkoknya.

No comments: