Pages

21 October 2008

Ninoku akhirnya keluar....

13 Okt 2008
Jadwal kontrol rutin masuk ke minggu 38 hamilnya Nino, seperti biasa habis daftar saya langsung timbang dan tensi darah.
Tumben tekanan darah saya tiba2 tinggi padahal sejak hamil belum pernah tekanan darah sampai 140/100. Suster bilang mungkin karena baru sampai jadi masih capek, dan saya di suruh kembali sekitar 15 menit sambil menunggu antrian dokter.
Setelah 15 menit saya kembali tapi tensi tidak berubah, ya sudah. Habis tensi langsung dapet giliran masuk ruang dokter (uh ni dokter ganteng pisan hehehe) setelah ngobrol2 dan USG, kembali hasilnya menunjukkan bahwa ukuran baby Nino dari monitor USG semakin besar..
dari ukuran lingkar kepala dan perut, di perkirakan berat badan baby Nino adalah kira2 4100gr. si mas jadi semakin mantep untuk Caesar saja proses kelahiran Nino, resiko untuk lahir normal terlalu besar untuk saya kata mas.

Setelah konsultasi lagi dengan dokter, dan mas bilang klo begini kami pilih caesar aja. Dokter kemudian lihat medical record saya, dia baru baca klo ternyata tekanan darah saya tinggi, dan ada pembengkakan pada kaki2 saya yg emang udah bengkak sebelumnya. Kata dokter kalo emang udah diputusin caesar knp harus nunggu lagi. air ketuban saya udah ada bintik2nya di USG. dokter takut Nino kejang di dalem kalo harus nunggu lama. jadi mas tanya deh, jadi kira2 kapan dok sebaiknya dilakukan operasi. Dokternya jawab mukanya datar bangetttt.... tapi bikin saya dan mas pucat n gak bisa ngomong apa2. tau gak dia jawab apa?
" Jam 9 ya!" buseeetttt....
"malem ini dok?" tanya mas
"iya" kata nya
"saya buat pengantar dulu ya.. ibu cek darah dulu, nanti ikutin suster ini ke lantai 2 kita persiapan operasi" gampang bener yak???
tau gak itu jam berapa? Jam SETENGAH LAPAN!!

satu cita2 saya gagal untuk melahirkan secara alami, saya mengajukan untuk IMD. Dokter setuju dengan syarat saya dan bayi siap untuk itu. tapi lagi2 cita2 kedua saya harus kandas.. karena begitu bius di suntikkan saya merasa menggigil luar biasa sehingga dokter anestesi menyuntikkan sesuatu ke selang infus saya yg membuat badan saya hangat dan tiba2 begitu saya melek operasi udah selesai.. hiks...
"anak saya mana suster?" saya melihat hanya ada saya dan 2 orang suster lagi bersih2 di ruang operasi.
"udah sama papa nya bu" kata suster
"anak saya sehat kan suster?"
"iya bu, sehat" dan saya pun di bawa ke ruang pemulihan pasca operasi.

14 oktober 2008
Seharusnya 3-4 jam pasca operasi saya sudah boleh dibawa ke ruang perawatan, tapi pendarahan yg saya alami jam 2 dini hari itu membuat saya harus tinggal dan di observasi di ruang itu.
ditungguin mas, saya tanya...
"mas, Nino mana?"
"Di ruang bayi, masih stress kaget dia"
"beratnya berapa mas?"
"tiga koma satu"
"Haaaaa???? trus yg sekilo lagi kemana?"
"iya dek, dokter ampe kaget pas tau Nino beratnya 3,1 kg. baru kali itu dia ketipu USG, yang biasanya cuma selisih 2-3 ons. puluhan tahun jadi dokter baru itu dia ketipu sampe 1kg katanya..."
"kok bisa gitu mas? Nino sehat kan tapi?"
"alhamdulillah sehat, kepalanya Nino emang besar... lingkar kepalanya 36, padahal bayi di sebelahnya yang lingkar kepalanya 35 cm aja beratnya 3,7kg"
"oh gitu.."
Mudah2an Nino jadi anak pinter ya nak....

Proses operasi nya gak usah di ceritain ya.. saya serem liat perut di oles obat dan di ubek2 gitu, makanya saya langsung menggigil hehehe..

satu hal yang masih bisa saya perjuangkan.. Asi Buat Nino yang alhamdulillah udah keluar 2 hari pasca operasi.. rabu pagi. 15 okt 2008.
tapi baru seminggu aja, saya udah dapet tantangan besar dari orang tua yang claim asi saya kurang dan harus di tambah susu formula.. si susu sapi itu.
padahal Nino baru 7 hari wajar klo asi saya belum banyak dan Nino rewel malam hari... Alhamdulillah dengan dukungan mas saya masih bisa mempertahankan ASI buat Nino...
oh iya di box nya Nino di RS udah ada tulisan ASI EKSLUSIVE lo.. hehe jadi di RS Nino gak di kasih susu formula.

1 comment:

Anonymous said...

sorry yah, kemaren gak dateng akikah nya nino..
maklum ada ibu hamil besarrr... jadi ya sehari sekarang bisanya 1 kegiatan aja... hehehe...